Keep Learn and Practice

Keep Learn and Practice

Selasa, 16 Februari 2021

 

AKSI NYATA

MODUL 1.3 VISI GURU PENGGERAK

IMPLEMENTASI POJOK LITERASI PLUS

A.     LATAR BELAKANG

Pepatah mengatakan, buku adalah jendela dunia, dengan membaca buku ada banyak hal yang dapat kita ketahui, ilmu pengetahuan yang belum kita ketahui pun bisa kita dapat dengan membaca buku. Membaca dapat meluaskan pengetahuan kita karena keterbatasan kita susah untuk mengetahui perkembangan dunia, namun dengan membaca kita dapat mengetahui keadaan diluar yang jauh dari jangkauan kita. Segala sesuatu yang terjadi dibelahan dunia lain bisa kita ketahui dengan membaca. Begitupun hal-hal yang terjadi pada masa lampau dapat kita ketahui melalui sebuah buku, baik itu buku yang bersifat fisik maupun buku yang bersifat digital.

Rendahnya minat baca siswa terhadap buku-buku yang memuat pengetahuan umum menyebabkan kegiatan literasi pada awal jam pelajaran yang diwajibkan hanya sekedar rutinitas yang membosankan. Pada saat jam pelajaran yang kosong atau sedang istirahat siswa lebih senang berkeliaran di lingkungan sekolah sehingga sering mengganggu teman lain yang sedang belajar. Hal tersebut terjadi karena untuk membaca buku-buku pengetahuan mereka harus ke perpustakaan yang memiliki daya tampung terbatas dan tidak seimbang dengan siswa yang ada disekolah. Oleh karena itu mereka membutuhkan tempat yang dapat mereka gunakan untuk membaca, meletakkan buku bacaan, berbagi buku bacaan dengan teman sekelas mereka. Dengan demikian pojok literasi dapat menjawab kebutuhan siswa dan sekaligus memupuk rasa suka untuk membaca.

B.      DESKRIPSI AKSI NYATA

Pojok literasi yang dibuat bukan hanya memiliki buku-buku yang didapat dari sumbangan siswa dan guru-guru namun juga dibuat untuk menampung kreatifitas siswa melalui majalah dinding yang dibuat oleh siswa sendiri. Selain itu pojok literasi ini juga menampung hasil pekerjaan tangan siswa berupa kerajinan yang beberapa terbuat dari bahan limbah atau daur ulang.

Terdapat beberapa kelas yang membuat pojok literasi namun karena kondisi yang membuat kegiatan disekolah belum normal seperti biasanya sehingga beberapa pojok literasi belum selesai dikerjakan oleh siswa. Pekerjaan ini dikoordinir langsung oleh  wali kelas masing-masing dan diharapkan nantinya semua kelas memiliki pojok literasi, mading dan meja tempat meletakkan kerajinan tangan siswa. Buku-buku yang berhasil dikumpulkan adalah buku bacaan umum bersifat fiksi, non fiksi dan sebagian besar adalah buku rohani Kristen yang sekaligus meningkatkan rasa cinta kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sebagian besar adalah buku sumbangan dari koleksi teman-teman guru lain dan sebagian lagi sumbangan dari orang tua siswa.

Waktu kegiatan:

No.

Tanggal

Kegiatan

1.

28 November 2020

Merancang program Pojok Literasi Plus

2.

30 November 2020

Menyampaikan program Pojok Literasi Plus dan proposal kepada kepala sekolah

3.

02 Desember 2020

Mensosialisasikan program Pojok Literasi Plus  kepada peserta didik dikelas dan grup WA

4.

02 Desember 2020

Menyusun tim kreatif yang berkompetensi yang akan mengeksekusi program Pojok Literasi Plus agar hasilnya memuaskan.

5.

05 Desember 2020

Mendesain Pojok Literasi secara bersama-sama dengan peserta didik dan mengumpulkan ide-ide yang kiranya akan membuat program berjalan dengan baik.

6.

07 Desember 2020

Menugaskan seluruh peserta didik di kelas untuk membuat kerajinan daur ulang dari bahan limbah, selain itu juga membuat mading yang akan menampung kreatifitas siswa di bidang jurnalistik dan seni.

7.

08 – 18 Desember 2020

04 – 09 Januari 2020

Melaksanakan program yang sudah dirancang

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


C. HASIL DARI AKSI NYATA

Pada rancangan aksi nyata yang saya angkat adalah visi yang sebagai calon guru penggerak yang mampu mengembangkan diri sendiri dan orang lain, mampu mengajak semua elemen untuk berkolaborasi dalam mewujudkan visi seorang guru dalam hal ini melalui pojok literasi serta mewujudkan pembelajaran yang berpihak pada murid. Sebagai awal pembeuatan pojok literasi plus dimulai dari satu kelas yaitu kelas XII IPS 2. Sudah ada kelas lain yang juga membuat pojok literasi namun karena ada kendala sehingga pojok literasi tidak bisa diselesaikan dengan cepat.

Hasil dari Aksi Nyata :

1.       Siswa mampu bekerjasama dengan teman-temannya untuk mewujudkan tujuan yang sudah dirancang bersama-sama

2.       Siswa mampu menciptakan ide-ide kreatif dan langsung dieksekusi secara bersama-sama

3.       Minat untuk membaca mulai terlihat

4.       Mengasah keterampilan siswa untuk menciptakan hasil karya sendiri dalam bentuk kerajinan tangan melalui meja kerajinan tangan.

5.       Melalui mading siswa lebih peka terhadap nilai menulis, keterampilan dalam menuangkan jiwa seni mereka kedalam puisi dan tulisan lainnya.

6.       Rasa tanggung jawab dalam menjaga dan mengelola hasil pekerjaan mereka sendiri.

D. KEGAGALAN ATAU KEBERHASILAN ( KENDALA )

Dalam pelaksanaan kegiatan ini ada beberapa hal yang membuat kegiatan ini menjadi lebih sulit untuk mencapai tujuan yaitu:

1.      Koleksi buku yang masih sedikit bila dibandingkan dengan jumlah siswa di kelas.

2.      Keadaan kelas yang rawan dengan pencurian.

3.      Kadang ada siswa dan guru yang meminjam buku namun tidak mengembalikan buku pinjaman mereka.

4.      Belum semua kelas membuat pojok literasi.

E. RENCANA PERBAIKAN DIMASA MENDATANG

Untuk kedepannya akan berkolaborasi dengan semua walikelas untuk membuat pojok literasi di kelas binaan mereka masing-masing sehingga minat baca siswa akan lebih mudah untuk dipupuk. Kerjasama dengan satpol PP yang ditempatkan disekolah untuk lebih memperhatikan keadaan kelas yang rawan dengan pencurian, membuat pengaman ekstra dengan kunci gembok berlapis agar tidak mudah dibobol lagi, serta lebih banyak pendekatan bagi siswa yang menggunakan buku-buku di pojok literasi agar yang meminjam dapat mengembalikan ke tempatnya dan juga kewajiban bagi siswa dan guru untuk tidak membawa buku keluar dari lingkungan kelas.

F. DOKUMENTASI DARI PROSES AKSI NYATA

a. Tim kreatif yang ditunjuk untuk membantu dalam mewujudkan program

b. Bersama-sama dengan siswa mulai membuat dasar dan pagar pojok literasi

c. 
Mulai mengerjakan bagian dalam dan mengatur buku-buku

d. 
Pojok Literasi kelas XII IPS 2 sudah bisa dipakai walaupun masih belum sempurna

e. 
Membuat mading

f. Meletakkan hasil karya di meja dekat pojok literasi


g. 
Pojok Literasi di kelas lain yang belum selesai, kelas 10IPS1, 11 IPS2, 12 IPS1
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar