ARTIKEL AKSI NYATA
MODUL 1.2. NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK
SAMAPELSAVI
A.
LATAR BELAKANG
Sebagai seorang pengajar sekaligus pendidik guru mempunyai peranan yang sangat penting dalam mengembangkan potensi yang dimiliki oleh peserta didik. Dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang guru, CGP dituntut untuk memikirkan bagaimana cara merencanakan dan melaksanakan, suatu kegiatan pembelajaran yang berpusat pada anak (student center) dengan berdampak pada penanaman pengetahuan, pembentukan sikap dan karakter, ketrampilan siswa dalam proses pembelajaran yang menyenangkan dan mengesankan. Dengan melihat tingkat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi seorang guru harus melek teknologi dan mampu menjawab tantangan kemajuan IT. Seorang guru harus mampu dan pandai mengikuti perkembangan dan tidak boleh tertinggal serta menjadi bagian dari perubahan dan perkembangan zaman.
Pandemi
yang melanda seluruh dunia tidak terkecuali Indonesia menyebabkan munculnya
masalah social dan komunikasi di tengah masyarakat tidak terkecuali dalam
lingkungan pendidikan dimana sekolah banyak tutup dan tidak boleh mengadakan
pembelajaran tatap muka. Oleh sebab itu seorang guru yang melek teknologi mampu
mengatasi keterbatasan itu dengan membuat materi pembelajaran yang dapat
diakses dari jarak jauh dengan memanfaatkan kemajuan teknologi komunikasi baik
itu melalui grup kelas WhatsApp, Google Classroom, Video Pembelajaran di
Youtube dan lain-lain.
Melalui
kegiatan pelatihan SAMAPELSAVI ( Satu
Mata Pelajaran Satu Video ) ini setidaknya ada dua capaian sasaran yaitu
menciptakan pendidik yang mampu membuat materi pembelajaran yang akan
menjadikan proses pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan serta tercapainya
tujuan pembelajaran jarak jauh yang aman tetapi menyenangkan.
B.
DESKRIPSI AKSI NYATA
Kegiatan
pelatihan pembuatan video pembelajaran berbasis aplikasi online ini saya pilih
mengingat masih banyak guru di sekolah saya yang belum memiliki pengetahuan
untuk membuat video pembelajaran yang mudah. Harapannya setelah kegiatan ini
akan tercipta puluhan bahkan ratusan video pembelajaran yang akan digunakan
oleh pendidik dalam menyampaikan materi baik dalam pembelajaran jarak jauh
maupun dalam pembelajaran tatap muka. Kedepannya tidak ada lagi pendidik yang
tidak mengetahui cara membuat video pembelajaran tetapi munculnya
youtuber-youtuber yang mampu memperbaiki wajah pendidikan di Indonesia
khususnya di Kabupaten Biak Numfor Papua.
Dibawah ini adalah rundown kegiatan yang telah terlaksana:
C.
HASIL DARI AKSI NYATA
Pada
rancangan aksi nyata yang saya angkat adalah nilai dan peran yang saya miliki
sebagai calon guru penggerak yang mampu mengembangkan diri sendiri dan orang
lain.
Hasil
dari Aksi Nyata :
1. Adanya kemampuan pendidik
menyampaikan materi secara jarak jauh.
2. Kemampuan pendidik menciptakan
pembelajaran yang menyenangkan
3. Support yang diberikan oleh pimpinan
dan rekan sejawat dalam program pendidikan guru penggerak yang saya ikuti
terlihat jelas
4. Seluruh pendidik yang ikut dalam
kegiatan mampu menciptakan video-video pembelajaran dengan menggunakan aplikasi
online
5. Semua pendidik yang ikut kegiatan
berhasil membuat channel youtube mereka sendiri yang diharapkan kelak
video-video mereka bertambah banyak dan berkembang.
6. Penanaman konsep kolaboratif dan
inovatif dapat tercapai melalui kegiatan ini
7. Karakter mandiri dan saling berbagi
pengetahuan dapat terlihat jelas pada rekan sejawat yang mengikuti program kegiatan.
8. Kegiatan ini juga menciptakan
pendidik yang melek teknologi dan usaha untuk menjawab tantangan pembelajaran
jarak jauh.
D.
KEGAGALAN ATAU KEBERHASILAN ( KENDALA )
1. Dalam keikutsertaan pendidik belum 100% karena
kesibukan dalam persiapan visitasi akreditasi sekolah |
2. Masih
dalam suasana pandemi, keterbatasan ruang gerak pendidik yang ikut dalam
kegiatan |
3. Keterbatasan waktu kegiatan, pada rencana
hanya satu hari pelaksanaan tetapi dalam kenyataan menjadi 2 hari. |
Link
Video Pembelajaran yang berhasil dibuat:
Video Pantjarena
Anggarawati, S.Pd. ( PJOK ) : https://drive.google.com/file/d/19ARgEFMhKrLZ7A0zGTYt-KDoWXd66Iu-/view?usp=sharing
Video
Dra. I.V. P Pulukadang, M.Pd. ( Bahasa Perancis ): https://youtu.be/z_dF15s3Tjk
Video
Roslina Palangan, S.Pd. ( Geografi ) : https://youtu.be/TNWbVHyUqlQ
Video
Josephine A. Werinussa ( Sosiologi ) : https://youtu.be/_LeFcowTgMg
Video
Feybe Imbar, S.Pd. (PKn) : https://youtu.be/RyoJiN6Ogo4
Video
Felansia Adikar, S.Pd. (PKn) : https://youtu.be/8_haZl0E_Oo
Video
Rahel Rumahlatu, S.Pd. (Biologi) : https://youtu.be/mUGBKI1K3ko
Video
Yansonia Takain, S.Th. (Pend. Agama Kristen) : https://youtu.be/49Ie8pquomk
Video
Dra. Yori Sampe ( BK ) : https://youtu.be/pHTHapFJoPc
Saat
ini peserta pelatihan masih melanjutkan pembuatan video pembelajaran mereka
dengan materi yang berbeda.
E.
DOKUMENTASI DARI PROSES AKSI NYATA
Seluruh
rangkaian kegiatan dapat dilihat pada video di Youtube dengan link https://youtu.be/-XdtcVe5fUw
Tidak ada komentar:
Posting Komentar