Keep Learn and Practice

Keep Learn and Practice

Kamis, 10 Desember 2020

 

ARTIKEL AKSI NYATA

MODUL 1.2. NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK

 

SAMAPELSAVI

 

A. LATAR BELAKANG

Sebagai seorang pengajar sekaligus pendidik guru mempunyai peranan yang sangat penting dalam mengembangkan potensi yang dimiliki oleh peserta didik. Dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang guru,  CGP dituntut untuk memikirkan bagaimana cara merencanakan dan melaksanakan, suatu kegiatan pembelajaran yang berpusat pada anak (student center) dengan berdampak pada penanaman pengetahuan, pembentukan sikap dan karakter, ketrampilan siswa dalam proses pembelajaran yang menyenangkan dan mengesankan. Dengan melihat tingkat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi seorang guru harus melek teknologi dan mampu menjawab tantangan kemajuan IT. Seorang guru harus mampu dan pandai mengikuti perkembangan dan tidak boleh tertinggal serta menjadi bagian dari perubahan dan perkembangan zaman.

Pandemi yang melanda seluruh dunia tidak terkecuali Indonesia menyebabkan munculnya masalah social dan komunikasi di tengah masyarakat tidak terkecuali dalam lingkungan pendidikan dimana sekolah banyak tutup dan tidak boleh mengadakan pembelajaran tatap muka. Oleh sebab itu seorang guru yang melek teknologi mampu mengatasi keterbatasan itu dengan membuat materi pembelajaran yang dapat diakses dari jarak jauh dengan memanfaatkan kemajuan teknologi komunikasi baik itu melalui grup kelas WhatsApp, Google Classroom, Video Pembelajaran di Youtube dan lain-lain.

Melalui kegiatan pelatihan SAMAPELSAVI ( Satu Mata Pelajaran Satu Video ) ini setidaknya ada dua capaian sasaran yaitu menciptakan pendidik yang mampu membuat materi pembelajaran yang akan menjadikan proses pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan serta tercapainya tujuan pembelajaran jarak jauh yang aman tetapi menyenangkan.

B. DESKRIPSI AKSI NYATA

Kegiatan pelatihan pembuatan video pembelajaran berbasis aplikasi online ini saya pilih mengingat masih banyak guru di sekolah saya yang belum memiliki pengetahuan untuk membuat video pembelajaran yang mudah. Harapannya setelah kegiatan ini akan tercipta puluhan bahkan ratusan video pembelajaran yang akan digunakan oleh pendidik dalam menyampaikan materi baik dalam pembelajaran jarak jauh maupun dalam pembelajaran tatap muka. Kedepannya tidak ada lagi pendidik yang tidak mengetahui cara membuat video pembelajaran tetapi munculnya youtuber-youtuber yang mampu memperbaiki wajah pendidikan di Indonesia khususnya di Kabupaten Biak Numfor Papua.

Dibawah ini adalah rundown kegiatan yang telah terlaksana:




 






C. HASIL DARI AKSI NYATA

Pada rancangan aksi nyata yang saya angkat adalah nilai dan peran yang saya miliki sebagai calon guru penggerak yang mampu mengembangkan diri sendiri dan orang lain.

Hasil dari Aksi Nyata :

1.       Adanya kemampuan pendidik menyampaikan materi secara jarak jauh.

2.       Kemampuan pendidik menciptakan pembelajaran yang menyenangkan

3.       Support yang diberikan oleh pimpinan dan rekan sejawat dalam program pendidikan guru penggerak yang saya ikuti terlihat jelas

4.       Seluruh pendidik yang ikut dalam kegiatan mampu menciptakan video-video pembelajaran dengan menggunakan aplikasi online

5.       Semua pendidik yang ikut kegiatan berhasil membuat channel youtube mereka sendiri yang diharapkan kelak video-video mereka bertambah banyak dan berkembang.

6.       Penanaman konsep kolaboratif dan inovatif dapat tercapai melalui kegiatan ini

7.       Karakter mandiri dan saling berbagi pengetahuan dapat terlihat jelas pada rekan sejawat  yang mengikuti program kegiatan.

8.       Kegiatan ini juga menciptakan pendidik yang melek teknologi dan usaha untuk menjawab tantangan pembelajaran jarak jauh.

 

D. KEGAGALAN ATAU KEBERHASILAN ( KENDALA )

1.  Dalam keikutsertaan pendidik belum 100% karena kesibukan dalam persiapan visitasi akreditasi sekolah

2.    Masih dalam suasana pandemi, keterbatasan ruang gerak pendidik yang ikut dalam kegiatan

3.  Keterbatasan waktu kegiatan, pada rencana hanya satu hari pelaksanaan tetapi dalam kenyataan menjadi 2 hari.

 

Link Video Pembelajaran yang berhasil dibuat:

Video Pantjarena Anggarawati, S.Pd. ( PJOK ) : https://drive.google.com/file/d/19ARgEFMhKrLZ7A0zGTYt-KDoWXd66Iu-/view?usp=sharing

Video Dra. I.V. P Pulukadang, M.Pd. ( Bahasa Perancis ): https://youtu.be/z_dF15s3Tjk

Video Roslina Palangan, S.Pd. ( Geografi ) : https://youtu.be/TNWbVHyUqlQ

Video Josephine A. Werinussa ( Sosiologi ) : https://youtu.be/_LeFcowTgMg

Video Feybe Imbar, S.Pd. (PKn) : https://youtu.be/RyoJiN6Ogo4

Video Felansia Adikar, S.Pd. (PKn) : https://youtu.be/8_haZl0E_Oo

Video Rahel Rumahlatu, S.Pd. (Biologi) : https://youtu.be/mUGBKI1K3ko

Video Yansonia Takain, S.Th. (Pend. Agama Kristen) : https://youtu.be/49Ie8pquomk

Video Dra. Yori Sampe  ( BK ) : https://youtu.be/pHTHapFJoPc

 

Saat ini peserta pelatihan masih melanjutkan pembuatan video pembelajaran mereka dengan materi yang berbeda.

 

E. DOKUMENTASI DARI PROSES AKSI NYATA

Seluruh rangkaian kegiatan dapat dilihat pada video di Youtube dengan link https://youtu.be/-XdtcVe5fUw



 

 






 


 Pendampingan ke 2








Tidak ada komentar:

Posting Komentar